Sabtu, 25 September 2021 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan kegiatan evaluasi dan laporan kemajuan program KMMI yang dihadiri oleh semua dosen pembimbing dan instruktur dari masing-masing program KMMI di lingkungan UAD. High Tech Teacher Indonesia sebagai salah satu industri yang bekerja sama dengan kegiatan KMMI pada program studi Bimbingan Konseling (BK) UAD turut hadir dalam acara ini.

Terdapat 160 mahasiswa yang lolos dalam seleksi program KMMI Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan dengan dibagi menjadi empat kelas dan berhak untuk mendapatkan pembelajaran dengan dibimbing langsung oleh dosen Universitas Ahmad Dahlan dan Instruktur dari High Tech Teacher Indonesia yaitu Bapak Lovandri Dwanda Putra, M.Pd, Filianti, S.Pd dan Gusmiar Edy Chandra, S.Pd.

Instruktur High Tech Teacher Indonesia berperan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 160 mahasiswa program studi BK dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sampai hari ini lebih dari 50% total keseluruhan peserta telah berhasil mengembangkan website dan aplikasi android yang dapat digunakan sebagai salah satu tool cybercounseling di era digital. Berikut merupakan salah satu contoh output website cybercounseling dari peserta kegiatan KMMI yang difasilitasi oleh prodi BK UAD.

Ahmad Soleh Abdul Nur Rohman dari Kelas D
Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Melalui angket yang High Tech Teacher Indonesia berikan kepada seluruh peserta, dapat diambil kesimpulan bahwa program yang telah terlaksana berhasil. Berikut merupakan rangkuman feedback yang telah diberikan peserta.

Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa skala likert angket adalah 5 dan rata-rata setiap item mendapatkan penilaian lebih dari 4.5. Hal ini mengindikasikan bahwa apa yang diberikan tiga instruktur High Tech Teacher Indonesia pada program KMMI bertajuk “Training Cyber Counseling Class” memberikan dampak positif pada keberhasilan peserta yang bergabung. Adapun berikut merupakan beberapa testimoni yang disampaikan mahasiswa selaku peserta kegiatan KMMI di BK UAD.

  •  Nugroho Syahrani Wiradinata – Universitas Negeri Yogyakarta

“Sangat informatif, penyampaiannya jelas sekali dari setiap pertemuan, pembawaannya baik, termasuk dari public speaking dan media yang digunakan, seperti slide presentasi, modul, dan video tutorialnya sangat jelas dan mudah dipahami.”

  • Aulia Dwinda Putri – Universitas Ahmad Dahlan

“Kesan saya selama mengikuti kegiatan HTT ID di program KMMI ini yaitu banyak sekali ilmu yang saya dapatkan, di mana sebelumnya saya belum mengetahui dan mengerti tentang pembuatan web di wordpress sampai pembuatan aplikasinya, setelah mengikuti kegiatan ini saya tahu dan mengerti bagaimana pembuatan website dan aplikasi tersebut. Selain itu dosen-dosen BK UAD dan team dari HTT ID juga asik dan baik selama kegiatan ini. Sehingga bisa mendapatkan banyak sekali ilmu selama mengikuti kegiatan ini.”

  • Lutfi Fahrurozi Universitas – Universitas Muhammadiyah Magelang.

“Kesan saya mengikuti kegiatan ini, saya cukup senang, nyaman dan pastinya luar biasa, karena memberikan wawasan baru yang cukup bagus, untuk menunjang kemampuan diri, berkaitan dengan TI. Mentor-mentornya kompeten dan pastinya ramah dan sabar. Pesan saya untuk kegiatan ini, harapanya lebih baik lagi, baik itu secara kompetensinya, maupun sarana prasarana penunjang kegiatan. Sukses selalu buat HTT ID, semoga semakin dikenal publik secara luas.”

  • Aprilia Sri Rejeki – Universitas Muhammadiya Magelang

“Jujur saya pribadi merupakan pribadi yang sangat gagap teknologi tapi dengan mengikuti program ini dan mendapatkan pendampingan dari HTT.ID saya perlahan mulai sedikit mengerti mengenai kemajuan teknologi khususnya dalam hal pembuatan website. Terlebih lagi ini merupakan kali pertama saya membuat website. Ini merupakan pengalaman bagi saya pribadi meskipun saya masih merasa takut karena berhubungan dengan hak cipta namun program ini sedikit banyak memberi pengetahuan bagi saya yang buta akan kemajuan teknologi. Saya sangat bersyukur.”

Pewarta: Rahma Ridwanika (Mahasiswa Magang dari Universitas Negeri Malang)

Editor: Filianti (Account Manager High Tech Teacher Indonesia)

Leave a Comment