High Tech Teacher Indonesia Gelar Upgrading Skill Editing Video Pembelajaran untuk Guru SILN

YOGYAKARTA. Situasi pandemi covid-19 mendorong bidang pendidikan untuk bergegas melakukan transformasi pembelajaran digital. Hal ini tidak terlepas dari adanya kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi seluruh jenjang pendidikan, sehingga keberadaan tool pembelajaran digital sangat diperlukan. Salah satu tool yang dapat dimanfaatkan adalah video pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik saat ini yaitu Generasi Z dan Alfa. Akan tetapi saat ini masih banyak guru yang beranggapan bahwa mengembangkan video pembelajaran yang menarik merupakan suatu hal yang sulit.

Berdasarkan hal ini, High Tech Teacher Indonesia yang merupakan forum bagi guru dan dosen serta calon pendidik untuk sharing pengalaman belajar-mengajar menggunakan teknologi terkini menyelenggarakan kegiatan “Online Course for Upgrading SILN Teachers Competence #3”. Upgrading skill kali ini berkaitan dengan editing video untuk pembelajaran dengan menggunakan aplikasi smartphone yaitu KineMaster yang menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi terpopuler-terlaris di Google Play Store.

Kegiatan ini diselenggarakan berkat adanya kerja sama antara High Tech Teacher Indonesia atau yang biasa disebut HTT ID dengan SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri) Cloud Learning Community. Pemateri yang dihadirkan adalah Lovandri Dwanda Putra, MPd. Selaku Founder High Tech Teacher Indonesia dari Universitas Ahmad Dahlan sekaligus Certified Instuctor KineMaster Indonesia. Pemateri lainnya adalah Cherry Rinaldi, S.Pd., M.Si, seorang guru SILN Riyadh, Saudi Arabia, Dr. Kulsum Nur Hayati, M.Pd., M.Si, seorang Instructional Technology Designer BPMRPK Kemdikbud serta Estina Ekawati S.Si., M.Pd.Si, dari Widyaiswara PPPPTK Matematika.

Acara ini terlaksana selama dua hari pada Jumat-Sabtu, 23-24 Oktober 2020 mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai. Peserta yang jumlahnya sekitar 60-an orang datang dari berbagai SILN seluruh dunia, seperti dari Myanmar, Malaysia, Jepang, Saudi Arabia, Singapore, Filipina, dll. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dimana hal ini dibuktikan dengan aktifnya mereka selama proses diskusi. Di akhir acara peserta juga telah berkomitmen untuk berkarya dalam mengembangkan video pembelajaran menggunakan aplikasi KineMaster pasca kegiatan.

Upgrading skill ini dilakukan melalui pertemuan virtual di aplikasi Microsoft Teams. Selain materi editing video pembelajaran, juga disampaikan materi berkaitan dengan pembelajaran matematika SMP dengan menggunakan teknologi serta sharing pengalaman mengajar selama masa pandemi covid-19 oleh SILN Riyadh, Saudi Arabaia.

Leave a Comment