Dunia Pendidikan di Era Digital

Pendidikan di Indonesia terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Perkembangan zaman dan terknologi yang terus mengalamai perubahan dari masa ke masa juga memiliki kontribusi dan turut andil dalam dunia Pendidikan. Di era insdustri 4.0 atau biasa disebut dengan era digital, dunia Pendidikan sudah banyak mengalami perubahan dalam berbagai aspek. Mulai dari kegiatan dan proses pembelajaran yang saat ini dilaksanakan dengan banyak menggunakan teknologi sebagai perangkat utamanya, hingga perubahan karakteristik yang dialami oleh peserta didik.

Lalu bagaimana dengan Karakteristik peserta didik di era digital seperti saat ini ?

Karakteristik peserta didik di era industry 4.0 memiliki peran yang sangat penting dan sudah merupakan tanggung jawab bagi guru untuk memberikan Pendidikan karakter bagi peserta didik. Pada saat ini bisa dibilang, semua informasi yang dibutuhkan oleh siswa sangat mudah untuk didapatkan, banyak sekali sumber yang menyediakan berbagai informasi secara gratis dan tidak berbayar. Siswa juga bisa dengan mudah mengakses berbagai situs media social, internet dan lain sebagainya, yang tentunya hal ini harus bisa diimbangi dengan pembentukan karakter oleh guru, Sehingga disini dapat dikatakan Pendidikan karakter menjadi sangat berat bagi dunia Pendidikan.

Dalam menyikapi keadaan yang seperti ini, para guru diharapkan dapat menyikapi perkembangan teknologi yang terjadi sangat cepat, para guru diharapkan untuk dapat menjadi pengarah sekaligus teman siswa dalam mencapai tujuan Pendidikan. Disini guru dapat berperan sebagai teman diskusi, sahabat dalam mengeksplorasi pengetahuan, seni, teknologi, sekaligus pendamping dalam pembentukan karakter.

Pentingnya Pendidikan Karakter di era digital

Pada sadarnya, yang dimaksud dengan Pendidikan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dengan tujuan agar memiliki karakter, kepribadian dan kemampuan berpikir yang baik sehingga mampu untuk hidup bermasyarakat dan hidup mandiri. Pada era digital ini Pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan, dan bahkan bukan tidak mungkin akan terjadi banyak penyimpangan karakter siswa, turunya moral dan kurangnya ilmu pengetahuan apabila Pendidikan karakternya lemah. Untuk era digital seperti ini, bukan lagi hanya tentang pemberian pelajaran kepada peserta didik, akan tetapi pengawasan juga perlu diperhatikan pada anak di era digital ini.

Leave a Comment