Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam pendidik hebat! Terima kasih telah mengunjungi website High Tech Teacher Indonesia.

Sebelumnya perkenalkan, saya (Lovandri Dwanda Putra, M.Pd) seorang dosen muda dengan basic pendidikan “Teknologi Pendidikan”. Dua tahun lalu Dinas Pendidikan Sleman bekerja sama dengan salah satu Gugus SD Kabupaten Sleman, mengundang saya untuk memberikan pelatihan bagi guru-guru, yang mana tema workshopnya saya yang menentukan. Akhirnya saya dan dua mahasiswa yang mendapat nilai sangat memuaskan di mata kuliah Teknologi Pendidikan dan pengembangan website sekolah yang saya ampu, memilih untuk memperkenalkan konsep E-learning dan tools yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam mengembangkan kelas masa depan (E-learning).

Mengapa ini tema workshopnya? Pertama ini adalah tema yang relate dengan bidang keilmuan saya, dan kedua, tema ini adalah tema yang fresh bagi guru untuk mendukung Revolusi Pendidikan 4.0. Ada yang menarik pada sesi tanya jawab  saat hari terakhir workshop,  salah satu peserta yang bertanya dan memberikan pernyataan “Pak berarti kita membolehkan siswa menggunakan laptop dan HP untuk belajar?  Nanti malah mereka main-main dan  sepertinya ini terlalu canggih untuk diterapkan saat ini!”. “Ohh My God!” Saya cukup kaget mendengar pertanyaan ini, dan dari angket yang saya bagikan, ternyata banyak guru-guru yang belum siap dengan menggunakan E-learning dan Mobile Learning karna belum familar dengan kedua istilah ini dan merasa belum terlalu membutuhkan saat ini. Terlebih, saat ini belum datang situasi pandemi covid-19.

Saya berfikir mindset seperti ini harus dirubah, apalagi semakin hari teknologi semakin maju, belum lagi karakteristik peserta didik juga terus mengalami perkembangan dan situasi terkini semakin berubah. Apabila masih ada Bapak/Ibu Guru yang memiliki mindset seperti ini, Indonesia kedepan akan semakin tertinggal dalam mendidik dan melaksanakan pembelajaran. Karena beda generasi, beda pendekatan pembelajaran yang digunakan. Baik dari tools maupun teknik yang digunakan.

Maka dari itu dengan mimpi yang besar untuk memberikan kontribusi terbaik bagi pendidikan Indonesia, saya membuat forum High Tech Teacher Indonesia ini agar bisa berbagi ilmu dengan Bapak/Ibu Guru hebat Indonesia, termasuk kalangan tenaga kependidikan serta calon pendidik dan diharapkan Bapak/Ibu juga bisa saling share pengalaman mengajar dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran. Kami membuka pintu selebar-lebarnya bagi Bapak/Ibu Guru yang ingin bergabung dengan kami.