Apasih yang terlintas di pikiran anda ketika mendengar jurusan pendidikan? Pasti yang ada di pikiran anda, setelah lulus nanti akan bekerja menjadi seorang guru. Pemikiran itu tidak salah sama sekali, memang banyak orang beranggapan bahwa seorang lulusan pendidikan pasti jadi guru, namun tidak semua orang ingin menjadi guru.  Misal pada lulusan jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran yang seharusnya menjadi guru SMK namun sering dijumpai mereka lebih memilih bekerja di kantor. Kemudian untuk menjadi seorang guru, calon pendidik harus menempuh PPG (Pendidikan Profesi Guru) yang akan memperlama masa belajarnya sehingga banyak orang akan beralih profesi untuk cepat mendapatkan pekerjaan. Selain itu, jika pendidik tidak PNS maka gaji dan tunjangan dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan sehingga lebih baik menjadi intepreneur degan gaji yang lebih menjanjikan.

Ada banyak profesi pekerjaan yang menjanjikan selain menjadi guru bagi seorang lulusan pendidikan, karena saat ini kemampuan, pengalaman dan ilmu yang dimiliki jauh lebih dipandang oleh instansi/perusahaan dibandingkan dengan ijazah dan gelar yang dimiliki calon pegawai.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan pendidikan :

1. Penulis atau Content Writter

Tak heran mahasiswa atau mahasiswa lulusan pendidikan memiliki ilmu yang banyak. Disamping itu mereka telah dilatih memberikan ilmu atau informasi kepada orang lain. Maka dari itu, saat lulusan pendidikan menjadi content writter ia akan lebih mudah menjelaskan atau menyampaikan informasi kepada orang lain.

2. Content Creator

Tak hanya menjadi content writter, tenaga pendidik diwajibkan memiliki kreatifitas yang tinggi. Maka, pekerjaan menjadi content creator sangat mudah bagi lulusan pendidikan bukan ?

3. Freelancer

Tak dapat dipungkiri freelancer adalah pekerjaan yang sangat dibutuhkan pada zaman ini. Lulusan pendidik juga menjadikan freelancer sebagai pekerjaan sampingan bahkan pekerjaan utama loh !

4. Wartawan

Dengan kemampuan komunikasi seorang lulusan pendidikan dalam penyampaian materi pembelajaran saat praktik mengajar atau pun magang, hal ini dapat menjadi kesempatan untuk lulusan pendidikan bekerja pada bidang wartawan dengan sangat baik karena pada dasarnya kemampuan terpenting dari seorang wartawan adalah komunikasi dan pengolahan kalimat yang baik.

5. Bekerja di Instansi Pemerintah

Seringkali suatu instansi pemerintah membutuhkan pegawai dengan keahlian di bidang pendidikan dengan salah satu contohnya adalah instansi pemerintah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), karena lulusan bidang pendidikan sejalur dengan prospek kerja pada instansi pemerintah Kemendikbud dan lulusan pendidikan memahami betul suatu kebutuhan pendidikan di Indonesia bahkan dapat menjadi seorang konselor pendidikan pada instansi pemerintah

6. Administrasi Pendidikan

Banyak lulusan pendidikan yang menginginkan bekerja di suatu sekolah namun bukan sebagai guru, namun mereka tetap dapat menjadi tenaga administrasi pendidikan di sekolah tersebut. Tugas dari pegawai administrasi pendidikan meliputi berbagai hal yaitu terkait mengatur biaya pengeluaran sekolah, absensi pekerja, pengawasan terhadap aset sekolah, ikut serta menetapkan kebijakan dan prosedur sekolah serta membantu mengarahkan guru dan karyawan baru.

7. Lembaga Non-Profit atau Perusahaan Bidang Pendidikan

Saat ini banyak didirikan perusahaan-perusahaan baru yang bergerak pada bidang pendidikan, yang pastinya juga membutuhkan pegawai lulusan ilmu bidang pendidikan. Perusahaan ini seringkali merupakan sebuah Foundation (lembaga amal) yang didirikan perusahaan besar maupun instansi pemerintah sebagai upaya untuk membantu kemajuan pndidikan di Indonesia.

Dengan berbagai prospek kerja tersebut seorang lulusan bidang pendidikan tidak hanya menjadi seorang guru, namun mereka juga dapat bekerja di bidang lain yang diinginkan dengan berbekal kemampuan dan ketrampilan yang diperoleh selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

Leave a Comment